Tips Menciptakan Ketenangan di Kamar Tidur

Kamar tidur adalah ruangan yang sangat privasi untuk kita dan hanya  beberapa orang saja yang bisa memasukinya. Ruangan ini tidak hanya digunakan untuk tidur, tetapi juga untuk merelaksasikan pikiran.

Namun, apakah kamu pernah merasa bosan dengan suasana kamar tidur yang biasa saja? Ataukah kamu sering mengalami kesulitan tidur dengan kondisi kamar kamu yang sekarang? Berikut adalah beberapa inspirasi dalam menciptakan kamar tidur yang nyaman dan tenang.

Tips Menciptakan Ketenangan dalam Kamar Tidur

1. Tirai jendela

Tirai jendela

Tirai adalah potongan kain yang digunakan di jendela untuk menghalang cahaya masuk ke ruangan. Ada banyak variasi dari penutup jendela ini yang dijual di pasaran. Sebelum memasangnya, pastikan tirai jendela memiliki warna cocok dengan desain kamarmu.

2. Warna yang teduh

Warna dingin maupun hangat dapat memberikan suasana yang berbeda. Warna dingin seperti abu-abu akan membuatmu lebih tenang, aman, dan relaks. Sementara warna hangat  akan meningkatkan energi dan bahkan membuat kamu susah tidur di malam hari.

3. Menyesuaikan jumlah barang

Jika kamu mempunyai ukuran kamar minimalis, sebaiknya jangan terlalu banyak memasukan barang-barang ke kamarmu. Supaya kamu tidak merasa terganggu, berilah space kosong di kamar agar sirkulasi udara masuk dan keluar tidak terhambat.

4. Memasang alunan musik

Kamu pasti suka mendengarkan musik kan? Nah, kamu bisa memutar musik dengan alunan yang menenangkan pikiran, seperti  deburan ombak, gemercik air, dan daun yang berguguran. Dengan begitu, beban pikiran dan rasa lelah akan menghilang seiring waktu.

5. Kreativitas objek

penataan barang di kamar

Jika kamu merasa bosan dengan penataan barang di kamar, kamu bisa menyulapnya kembali sesuai dengan karakter sendiri. Misalnya kamu menyukai hal-hal berbau seni, Kembangkanlah kreativitasmu dengan memasukkan hasil karya senimu, seperti foto, wallpaper dinding, lukisan, dan sebagainya. Namun, ingat yah jangan terlalu banyak memasukkan objek.

6. Posisi yang tepat

Mengatur posisi tempat tidur harus dilakukan dengan tepat untuk membangun mood kita. Contohnya jika posisi jendela menampilkan pemandangan yang menarik dan asri, tempatkanlah posisi tempat tidur menghadap jendela. Oh iya jangan lupa juga yah untuk memasang gorden di jendela, agar privasimu tetap terjaga.

7. Mengatur cahaya

pencahayaan di kamar

Aturlah pencahayaan di kamarmu dengan benar dan tepat. Janganlah memasang cahaya hingga terlalu terang atau gelap karena itu akan mengganggumu dalam bekerja, sehingga menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lampu dinding untuk menjaga meja tetap bersih. Lampu dengan pencahayaan yang lembut sangat direkomendasikan untuk membuatmu beristirahat dengan nyaman.

8. Memasang aromaterapi

Agar energi-energi positif terus tertular kepadamu, bisa lho dengan memasang aromaterapi di kamar. Kamu bisa memilih wangi aromaterapi yang kamu suka. Bentuknya juga beragam, seperti bunga hidup, akar kering, bunga hidup, akar kering, atau minyak aromaterapi.

9. Menjaga kerapihan dan kebersihan

membersihkan kamar

Dari semua tips di atas, hal yang terpenting adalah jagalah selalu kebersihan dan kerapihan kamar, setidaknya satu kali dalam sehari untuk membersihkan kamar. Hal itu akan menjaga keasrian dan kenyamanan, serta terhindar dari berbagai penyakit.

Nah, itu dia hal-hal yang membuat kamarmu menjadi tenang dan menjadi lebih hidup. Selamat mencoba,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *