Sebaiknya Perhatikan Ini Saat Melakukan Instalasi Listrik Pada Gedung Besar

Instalasi listrik pada gedung besar menjadi suatu pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan keahlian tersendiri. Biasanya banyak perusahaan yang memilih menyerahkan masalah instalasi gedung ini pada kontraktor listrik yang terpercaya.

Pasalnya tidak hanya untuk memastikan kualitas dari hasil instalasi listrik tersebut tapi juga untuk menjamin keamanannya. Sebenarnya secara umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai melakukan instalasi listrik. Ini penting untuk dipahami seperti beberapa hal ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Instalasi Listrik Pada Gedung Besar

Pengaplikasian listrik pada gedung berukuran besar tentu tidak boleh sembarangan. Pasalnya gedung-gedung ini memiliki instalasi listrik yang kompleks. Selain itu juga, harus diperhatikan masalah keamanannya. Seputar hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan instalasi akan dibahas lebih lanjut di sini.

1. Denah dari Gedung yang Akan Diinstalasi Listrik

Sebelum mulai melakukan instalasi gedung yang harus diperhatikan adalah masalah denah gedung tersebut. Setiap gedung dengan bentuk yang berbeda-beda tentu menghasilkan rancangan yang berbeda pula.

Dari rancangan gedung tersebut nantinya kontraktor listrik dapat menghitung berbagai macam kebutuhan sampai dengan rancangan yang dibutuhkan. Tentu akan ada perbedaan kebutuhan listrik untuk gedung berlantai 7 dengan gedung berlantai 9 misalnya.

2. Kebutuhan Listrik

Tadi sempat disinggung masalah kebutuhan listrik. Setiap gedung memiliki kebutuhan listrik yang berbeda-beda tergantung dari kegunaan gedung tersebut. Hal ini juga harus diperhatikan sebelum mulai melakukan instalasi listrik.

Pada gedung serbaguna satu lantai tentu kebutuhan listriknya akan berbeda dengan gedung hotel. Berbagai kebutuhan listrik ini akan berpengaruh juga terhadap perancangan listrik dan juga skema distribusi listrik pada bangunan tersebut.

3. Sumber Listrik yang Ada

Setiap bangunan besar biasanya memiliki dua buah sumber listrik. Ini juga menjadi perhatian penting bagi kontraktor yang akan merancang kebutuhan instalasi listrik dari sebuah gedung yang berukuran cukup besar. Biasanya sumber energi listrik dibagi menjadi dua, untuk yang pertama berasal dari genset dan selanjutnya merupakan sumber listrik utama, yaiu dari PLN.

Hanya saja tidak menutup kemungkinan adanya sumber listrik lain seperti dari panel surya dan semacamnya. Pihak kontraktor harus memahami benar besaran pasokan dari masing-masing sumber listrik. Ini yang nantinya akan diterapkan dalam skema rancangan instalasi listrik gedung tersebut.

4. Rancangan Instalasi Listrik

Jika denah gedung telah dimiliki, kebutuhan gedung dipahami dan sumber listrik telah dipetakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat rancangan instalasi listrik. Ada beragam hal yang harus dipahami untuk membuat rancangan instalasi listrik ini.

Untuk memastikan aliran arus listrik pada gedung dibuatlah gambaran situasi gedung beserta titik-titik yang akan dipasangi listrik. Di sini tata letak sudah dipetakan dengan baik. Hubungan perlengkapan listrik juga dibuat di sini.

Kemudian harus dilakukan rekapitulasi daya dari gedung tersebut. Dari sini diketahui jumlah daya yang diperlukan, untuk masing-masing ruangan. Setelah mengetahui jumlah daya yang diperlukan maka dibuatlah sebuah tabel instalasi hingga rincian anggaran biaya.

5. Pengaplikasian Sistem Distribusi Listrik ke Seluruh Bagian Gedung

Terakhir apabila rancangan sampai anggaran instalasi listrik telah dibuat maka proses pengaplikasian rancangan tersebut dapat dilakukan. Inilah tahapan yang paling penting untuk dilakukan pasalnya keberhasilan penerapan listrik di seluruh gedung bergantung pada proses ini.

Apabila proses pengaplikasian telah berjalan dengan baik tinggal masuk ke pengecekan instalasi. Pada tahap inilah dipastikan apakah instalasi ada yang bermasalah atau tidak, serta bagaimana keamanan dari instalasi tersebut.

Ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam instalasi listrik di gedung berukuran besar. Itulah yang menyebabkan pemilihan jasa kontraktor listrik yang terpercaya dan berpengalaman menjadi hal penting di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *