Yuk Kenali 4 Penggunaan Bahan UPVC di Rumah Berikut Ini!

UPVC merupakan material bangunan yang belum terlalu dikenal masyarakat umum, namun sangat ramah dalam dunia konstruksi. Hal ini disebabkan karena, sejak awal kemunculannya sudah banyak keunggulan yang ditawarkan dan mampu menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Dalam rumah sendiri, banyak benda yang bisa diaplikasikan menggunakan bahan UPVC seperti pintu upvc kamar mandi, ataupun pipa air yang menjadi sumber konsumsi.

Pengaplikasian Bahan UPVC di Rumah

Untuk menambah wawasan serta bahan pertimbangan dalam memilih material bangunan, maka anda harus mengetahui beberapa benda yang menggunakan UPVC khususnya di area rumah. Berikut adalah 4 pengaplikasian UPVC pada rumah yang bisa dijadikan pilihan.

1. Sebagai Kusen Jendela dan Pintu

Penggunaan Bahan UPVC di Rumah

Penggunaan bahan UPVC yang paling banyak ditemukan di rumah adalah sebagai kusen jendela dan pintu yang berkualitas. Bahannya yang tidak mudah dibobol ini kerap kali dimanfaatkan untuk pintu rumah khususnya bagian depan. Selain itu, karena tidak mudah terbakar dan anti air, maka banyak yang menggunakan pintu upvc kamar mandi, ataupun dapur yang rentan api.

Sementara itu, sebagai kusen jendela, bahan UPVC  sangat cocok dipadukan dengan jendela kaca, karena mampu mengakomodasi hingga lebih dari 3 meter. Tampilan dari kusen UPVC ini juga tetap elegan dan tidak kuno, dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya jika digunakan sebagai interior rumah. Bagi rumah yang bernuansa go green, kusen dan pintu UPVC selalu menjadi pilihan favorit karena bahannya ramah lingkungan dan tidak akan menghasilkan racun ketika terbakar.

2. Partisi Ruangan

Penggunaan Bahan UPVC di Rumah

Bahan UPVC juga bisa diaplikasikan sebagai partisi, dimana bahan ini bisa menghasilkan suasana ruangan yang cerah karena warna dasarnya adalah putih. Oleh karena itu, penggunaannya sering kali dibutuhkan bagi mereka yang ingin menerangkan suasana rumah yang memiliki beberapa sekat dengan partisi yang kuat.

Selain itu, partisi UPVC juga kerap kali digunakan untuk membatasi ruangan yang memiliki suhu tinggi, atau panas berlebih. Hal ini disebabkan karena formulanya yang mampu menghambat udara panas dari luar masuk ke ruangan, serta menahan suhu dingin di dalam untuk tidak keluar. Desain yang ditawarkan pun tidak monoton, karena bisa menyesuaikan permintaan pemesan yang ingin memanfaatkannya.

3. Pipa Saluran Air

Penggunaan Bahan UPVC di Rumah

Karena tahan air, maka bahan UPVC tidak hanya dimanfaatkan untuk pintu upvc kamar mandi namun juga sebagai pipa air yang aman, terlebih jika dimanfaatkan sebagai saluran air yang dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena bahan pembentuknya yang tidak mengandung plasticizer sehingga tidak akan menghasilkan racun walaupun terendam air dalam waktu yang lama.

Inovasi UPVC sebagai bahan pipa air ini cukup menggeser posisi bahan PVC yang umum digunakan sebelumnya. Walaupun sedikit lebih mahal, namun peminatnya sangat banyak, bahkan diproduksi oleh perusahaan pipa bermerk yang ada di Indonesia.

4. Atap Rumah

Penggunaan Bahan UPVC di Rumah

Penggunaan bahan UPVC sebagai atap rumah ini masih sangat asing dan jarang dikenali masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena pengembangannya yang masih tergolong baru, dimana sebelumnya lebih sering diproduksi untuk kusen ataupun pipa air. Bahan ini sengaja dikembangkan untuk menyaingi atap metal yang paling banyak diminati sebelumnya.

Walaupun masih tergolong baru, namun penggunaan UPVC ini mampu menghasilkan atap yang sangat berkualitas, karena sangat kuat dan bisa menahan cuaca yang ekstrem. Atap UPVC ini juga sering dikenal sebagai atap dingin karena efek yang dirasakan dari penggunaannya yang berbahan dasar olahan plastik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *