Metode Pemasangan Kansteen yang Benar

Metode Pemasangan Kansteen

Kanstin adalah material beton produk precast yang berfungsi sebagai pembatas jalan (paving). Dengan adanya kanstin dapat membedakan jalur untuk penjalan kaki dan jalur untuk kendaraan. Selain itu juga bisa sebagai bingkai paving, agar jalur pavingnya tidak mudah bergeser dari titik awal dan memperkokoh strukturnya. Harga kansteen yang dijual di pasaran sangat bervariasi sesuai dengan ukurannya dan memilki harga berbeda di setiap kotanya.

Metode dan Tahapan Memasang Kansteen

Agar bisa menghindari resiko-resiko yang terjadi ketika proses pemasangan harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti permukaan yang tidak rata dan titik pemasangan yang lepas. Hal ini terjadi karena ada yang lepas dalam rangkaian jalur paving. Oleh karena itu, kita harus mempelajari prosedur pemasangan kanstin yang benar agar lancar dalam pengerjaannya. Berikut adalah ulasannya.

1. Membuat drainase

Metode Pemasangan Kansteen

Pada umumnya, proses pembuatan jalan raya memakai drainase untuk saluran pembuangan air. Hal ini dilakukan agar terhindar dari genangan air yang menyebabkan jalan menjadi rusak. Jarak memasang kanstin dibutuhkan jarak 150 hingga 100 mm dari dinding atau tepi jalan. Dengan begitu, dapat memudahkan air yang mengalir menuju saluran paving. Dalam pembuatan drainase kadang mengakibatkan gangguan bagi para pengguna jalan, jadi sebaiknya dilakukan penutupan jalan atau mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif. Untuk menyiasati hal tersebut, diperlukan drainase berbentuk cross fall atau longitudinal fall. Drainase tersebut sebaiknya diarahkan keluar, taman, ataupun rumput. Pembuatan drainase ini membutuhkan sudut kemiringan sekitar 1,5 hingga 2 derajat.

2. Membuat alas kanstin

Setelah membuat drainase, langkah pertama adalah membuat alas kanstin menggunakan rabat beton. Rabat beton yang digunakan memiliki ketebalanbalas seberat 150 mm. Beton ini merupakan bahan struktural yang berfungsi dalam meningkatkan stabilitas kanstin. Jadi, Anda tidak usah khawatir lagi akan kekuatan tanahnya, karena permukaannya tidak akan tenggelam. Dengan menggunakan rabat beton ini, akan membuat susunan kanstin satu dan kanstin lainnya menjadi lebih kokoh.

3. Meletakkan kanstin beton

Jika telah selesai membuat alasnya, tahap berikutnya yaitu meletakkan kanstinnya. Proses pada tahap ini tidak jauh berbeda dengan proses menggerakkan beton seperti biasanya. Caranya ialah menggunakan sebuah benang agar posisi kanstin yang ingin diletakkan tetap lurus. Selain benang, Anda juga bisa memanfaaatkan kayu atau waterpass berbentuk lurus, untuk memastikan posisi kanstin yang dipasang.

4. Membuat haunching

Setelah memastikan kanstin di posisi yang lurus, metode selanjutnya ialah membuat haunching. Haunching ini dilakukan untuk mengunci kanstin agar tidak bergeser dan berpindah tempat ketika kena hantaman. Jika konstruksi penutup jalan menjadi rusak, maka itu diakibatkan adanya kanstin yang bergeser walaupun sedikit. Tempat untuk meletakkan haunching bisa di sisi luar atau belakang kanstin. Untuk jalan di perumahan, ketebalannya sekitar 75 mm, suntuk jalan biasa ketebalannya 100 mm, dan untuk jalan raya ketebalannya mencapai 150 mm.

Di Indonesia tidak banyak yang melakukan proses ini ketika memasang kanstin. Sebagai gantinya, para pekerja hanya mengaduk campuran beton di bagian bawah dan antar kanstin. Hal tersebut tidak masalah dilakukan, apabila kanstin sudah tersusun rapih dan tidak mudah bergeser.

5. Finishing

Pada tahap terakhr ini yaitu melapisi kanstin menggunakan mortar. Lapisan ini nantinya berfungsi sebagai perekat. Ukuran mortar yang diperlukan yaitu antara 12 hingga 20 mm. Pemasangan kanstin yang menggunakan mortar dapat bekerja jika konstruksi penutup jalannya lebih besar, atau bisa juga memakai kanstin yang memiliki dimensi lebih besar. Selain mengandalkan mortar pada tahap ini membutuhkan besi dowel, yang bertujuan sebagai pengait plat beton.

Demikian panduan dalam pemasangan kanstin yang benar. Pasanglah kanstin dengan ketelitian yang besar, agar tidak terjadi kerusakan sehingga mengubah strukturnya. Perlu diingat bahwa tidak disarankan memasang kanstin pada saat cuaca ekstrem. Dapatkan kanstin di toko material terdekat dengan kansteen yang bersahabat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *