Mengenal Lebih Jauh Spesifikasi Dan Ukuran GRC di Pasaran

Grc merupakan bahan fiberglass yang biasa digunakan sebagai dinding atau plafon bangunan. Beberapa orang lebih memilih untuk pasang partisi grc ketimbang partisi gypsum karena beberapa hal. Partisi grc memiliki kelebihan pada ketahanan dan masa pakai yang cenderung lebih lama. Hal inilah yang menjadikan para kontraktor maupun tukang menggunakan bahan grc sebagai dinding maupun plafon bangunan.

Grc terbuat dari campuran serat dan semen. Campuran ini membuat dinding yang terbuat dari grc tahan terhadap api, jamur serta kedap suara. Bahan yang satu ini banyak ditemu ditoko-toko material. Grc sendiri dijual dalam bentuk lembaran atau biasa dikenal dengan sebutan board. Ukuran tiap lembar berbeda-beda. Berikut ini ukuran dari grc yang banyak dipasaran.

Ukuran-Ukuran GRC di Pasaran

Ukuran-Ukuran GRC di Pasaran

Toko yang jual grc biasanya memiliki ukuran standar. Ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Ukuran grc yang ada dipasaran adalah 1,2m x 2.4m dengan ketebalan yang beraneka ragam. Semakin tebal grc maka harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Perbedaan ketebalan ini sangat erat kaitannya dengan kekuatan yang dihasilkan. Untuk penggunaan dinding luar maka sebaiknya gunakan dinding grc yang tebal agar lebih tahan dengan pengaruh cuaca dari luar. Sedangkan untuk keperluan dinding dan plafon dalam sebaiknya gunakan bahan grc yang tidak terlalu tebal. Selain lebih murah juga memudahkan proses pemasangan karena lebih ringan.

Ketebalan partisi grc berkisar antara 4-9mm. Untuk harga yang ditawarkan jelas berbeda tergantung toko masing-masing. Oleh karena itu silahkan tanyakan langsung pada tukang atau toko terdekat agar bisa memperkirakan uang yang harus dikeluarkan.

Grc biasanya memiliki ukuran 1,2mx2.4m, tetapi ada jenis grc yang lebih kecil. Grc katu memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sekitar 1,5mx2m dengan ketebalan 8mm. Jenis grc ini sangat cocok diaplikasikan sebagai dinding rumah bagian dalam. Selain ukuran yang pas, keunikan yang diberikan juga pas.

Grc kayu ini memiliki motif kayu seperti Namanya. Berbeda dengan dinding grc lain yang berwarna polos. Warna polos grc sebenarnya bertujuan memberikan kemudahan pada saat pengecatan. Grc memiliki permukaan yang halus sehingga mudah dicat. Warna cat juga sudah pasti terserap sempurna.

Selain grc, masyarakat Indonesia juga sering menggunakan gypsum sebagai bahan dinding atau plafon bangunan. Bahan gypsum memang menjadi pesaing grc. Gypsum memiliki harga yang bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan dinding bahan grc. Meskipun begitu, secara keawetan grc masih lebih unggul.

Jadi apabila dipikir-pikir harga yang dibanderol dinding grc justru lebih murah dibandingkan gypsum. Lebih murah karena lebih tahan lama. Selain tahan lama, grc juga tahan api serta tahan bendung. Kualitas yang prima ini tetap menjadikan grc tetap dicari masyarakat Indonesia.

Harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Hal inilah yang membuat grc tetap memiliki peminat tersendiri meskipun pesaingnya membanderol harga relative murah. Murah apabila kualitas kurang bagus buat apa? Yang ada palah menambah biaya untuk perbaikan dan penggantian.

Menjadi seorang pembeli yang cerdas adalah kewajiban. Dengan mempelajari kelebihan dan kekurangan bahan yang akan dibeli maka akan memperkecil kemungkinan salah beli. Jadi pelajari terlebih dahulu apa yang ingijn dibeli sebelum membuat keputusan. Demikian ulasan mengenai ukuran dan spesifikasi grc yang banyak dipasaran. Semoga dapat memberikan gambaran mengenai material berbahan grc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *