Mengenal Keunggulan dan Kekurangan Lantai Parket

Parket merupakan lantai yang terbuat dari kumpulan potongan kayu yang melewati proses press sedemikian rupa hingga hingga membentuk potongan papan yang siap pasang. Bahan ini biasanya terbuat dari kayu solid seperti 100% kayu jati atau kayu olahan atau akrab disebut sebagai engineered wood/laminate. Lantai ini lebih ramah lingkungan dibanding lantai kayu lainnya karena proses pembuatannya dari kayu bekas, bukan kayu yang sengaja diambil untuk dibuat lantai sehingga tidak mengeksploitasi lingkungan secara berlebihan.

Keunggulan Lantai Engineered Wood

Lantai ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh lantai jenis lainnya. Keunggulan tersebut di antaranya:

1. Variasi

Karena proses pembuatan lantai ini adalah dari potongan kayu yang disatukan bersama, maka lantai ini memiliki variasi motif yang natural, mozaik dan terkesan sangat elegan. Lantai ini memiliki keindahan geometris dan dekoratif yang cukup tinggi di mana tidak mampu ditampilkan oleh papan kayu biasa. Selain itu finishing lantai ini dicat dengan gaya yang berbeda sehingga wajar saja jika lantai ini mampu menampilkan kesan hangat serta elegan.

2. Mudah dibersihkan

Parket merupakan lantai yang cocok untuk hunian yang minim perawatan. Hal ini dikarenakan lantai ini sangat mudah dibersihkan. Anda hanya perlu menyapu dan pel lantai ini seperti biasa saja.

3. Kokoh dan tahan lama

Lantai ini sengaja didesain agar memiliki durabilitas yang tinggi sehingga lantai ini akan sangat awet. Berdasarkan beberapa sumber, lantai ini dapat mencapai usia pemakaian hingga 50 tahun lamanya. Sangat mengagumkan bukan?

4. Tidak berbahaya

Mungkin sebagian dari Anda alergi saat bersentuhan dengan kayu-kayuan karena serbuknya yang sering mengapung. Lantai jenis ini tidak menimbulkan serbuk-serbuk sehingga sangat aman bersentuhan dengan siapapun.

5. Lebih terjangkau

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu, apalagi jenis kayu yang terkenal mungkin Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Namun berbeda dengan lantai ini, lantai ini memiliki harga yang cenderung terjangkau sehingga Anda tetap dapat menggunakan lantai kayu tanpa mengeluarkan kocek yang dalam.

6. Pemasangan mudah

Pemasangan lantai jenis ini tidak sesulit saat Anda akan memasang lantai keramik, sehingga proses pemasangannya dapat dilakukan sendiri. Namun walaupun seperti itu Anda tetap harus memaksimalkan hasil yang rapi, sehingga tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa pemasangan parket. Umumnya saat membeli lantai jenis ini, Anda akan ditawarkan paket harga yang lengkap dengan jasa pemasangannya. Jadi Anda tidak perlu sulit mencari jasa.

Kekurangan Lantai Engineered Wood

Selain kelebihan, lantai ini juga ternyata memiliki kekurangan yang harus Anda waspadai. Kekurangan tersebut di antaranya:

1. Potensi kerusakan

Walaupun lantai ini sudah diklaim sebagai lantai yang awet, tetap saja lantai ini memiliki potensi kerusakan apabila terkena goresan maupun benturan. Oleh karenanya Anda harus hati-hati dalam menjaganya jangan sampai terkena benturan maupun goresan.

2. Licin

Saat lantai ini terkena air, permukaannya akan menjadi licin. Jadi usahakan saat Anda mengepel lantai, jangan sampai ada yang menginjaknya sebelum benar-benar kering dan janganlah menggunakan kain pel yang terlalu basah.

3. Menimbulkan bunyi

Saat Anda membutuhkan suasana yang sunyi mungkin lantai jenis ini tidak cocok untuk Anda karena menimbulkan bunyi saat berjalan di atasnya. Lantai ini tidak seperti lantai keramik yang tidak menimbulkan suara apapun saat ditapak.

Itulah keunggulan dan kekurangan lantai engineered wood. Setelah Anda mengetahuinya, maka kini dapat mempertimbangkan apakah Anda akan menggunakan lantai ini atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *