Kelebihan dan Kelemahan Atap Spandek untuk Carport

Berencana membangun carport? Ada banyak pilihan jenis atap yang bisa digunakan seperti atap spandek, polycarbonate hingga kaca. Tapi di antara ketiganya, spandek adalah jenis atap yang paling banyak digunakan. Bukan tanpa alasan tentunya, karena ada banyak kelebihan atap ini yang menjadi acuan banyak orang memilihnya.

Secara spesifik, carport merupakan ruangan tambahan semi terbuka pada sebuah hunian. Oleh karena itu pemilihan atapnya lebih fleksibel dibandingkan garasi. Harga atap spandek yang cenderung murah menjadi salah satu alasan besar mengapa atap ini banyak dipilih. Tapi bukan hanya kelebihannya saja, Anda juga harus memperhatikan kekurangannya, supaya bisa mengatasi jika terjadi kerusakan.

Kelebihan dan Kelemahan Atap Spandek untuk Carport

Kelebihan dan Kelemahan Atap Spandek

Spandek sendiri adalah atap yang dibuat dari bahan seng dan alumunium. Bentuknya kotak simetris dan pemakaiannya tak hanya untuk carport. Karena bentuknya yang modern, atap ini lebih sering digunakan untuk rumah-rumah bergaya modern minimalis. Tak hanya carport, penggunaan atap jenis spandek lebih luas yaitu juga bisa digunakan untuk atap rumah.

Apakah atap ini akan memenuhi ekspektasi Anda ketika membangun carport? Apakah harga atap spandek sesuai dengan budget yang Anda miliki? Sebelum memutuskan sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Atap Jenis Spandek

Sebelum masuk pada kekurangannya, lebih baik untuk mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki. Sebagai atap ada banyak hal yang harus dipenuhi untuk memenuhi fungsinya. Berikut ini beberapa kelebihan atap berbahan spandek.

1. Daya tahan yang baik

Daya tahan menjadi penentu utama ketika memiliki atap. Jenis atap ini berdaya tahan sangat baik seperti tidak mudah berjamur, rayap atau keropos. Padahal ketebalannya cukup tips yaitu 0,3 – 0,5 mm. Walaupun tipis namun karena daya tahannya yang baik akan membuat carport bertahan lama.

2. Mudah untuk dipasang

Karena bobotnya yang ringan, atap ini lebih mudah dipasang dan ukurannya yang lebar membuatnya pemasangannya lebih cepat selesai. Tak butuh banyak tukang dan waktu terlalu lama untuk memasangnya.

3. Banyak pilihan warnanya

Ingin mendapatkan carport yang cantik? Atap spandek bisa jadi solusinya. Ada banyak pilihan warna yang menarik seperti  merah, biru atau hijau. Jika warnanya mulai memudar, anda bisa mengecatnya kembali untuk mengembalikan tampilannya.

4. Harga sangat terjangkau

Tak perlu khawatir soal harganya, atap ini dijual dengan harga yang hemat kantong. Apalagi dijual dalam bentuk ukuran lebar. Berbeda dengan atap keramik yang ukurannya kecil dan mahal, belum lagi biaya pemasangan lebih tinggi karena butuh waktu lama.

Kekurangan Atap Jenis Spandek

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya. Kekurangan ini penting sekali dikenali sebelum membeli atap karena Anda akan menggunakannya selama beberapa puluh tahun ke depan. Jangan sampai menyesal membeli karena tidak mengetahui kekurangan yang dimiliki jenis atap ini.

Berikut ini beberapa kekurangan yang bisa dikenali.

1. Berisik ketika terkena hujan

Suara hujan akan terdengar lebih berisik karena pengaruh bahan seng. Sehingga ketika terkena air hujan suara akan terdengar lebih kencang. Tapi bukan masalah jika Anda menggunakannya sebagai carport. Jika ingin digunakan untuk atap rumah pun bisa menambahkan peredam suara di bawah atap supaya tidak terlalu berisik.

2. Ruangan akan terasa lebih panas

Kekurangan lainnya adalah atap ini menyerap panas sehingga membuat ruangan menjadi gerah. Tak heran jika atap ini seringkali digunakan untuk ruangan yang luas seperti gudang atau pabrik yang memiliki sirkulasi udara banyak. Jadi bukan masalah juga jika digunakan untuk carport yang merupakan ruang semi terbuka.

Kini Anda sudah mengenali apa saja kelebihan serat kelemahan dari atap spandek. Tinggal apakah akan tetap menggunakannya atau memilih atap jenis lainnya. Pilihan terbaik ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *