Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Sejak hadirnya kabel fiber optik, kabel biasa yang selama ini menjadi andalan perusahaan telekomunikasi untuk menghantarkan data jadi kehilangan pamor. Wajar saja karena kabel berbahan serat kaca ini memiliki banyak kelebihan, walaupun ada juga beberapa kekurangan yang dimilikinya. Terbukti saat ini sudah dipakai oleh banyak perusahaan ternama nasional dan internasional.

Kelebihan kabel Fiber Optik

Kelebihan kabel Fiber Optik

Menyigi kelebihan dari kabel yang diciptakan tiga peneliti asing Donald Keck, Robert Maurer, dan Peter Schultz ini memang tak ada habisnya. Sebab sejak awal digunakan hingga saat ini, perbaikan terus dilakukan untuk mendapatkan kualitas kabel terbaik. Lantas apa saja kelebihannya?

  1. Aliran Sinyal Lebih Jauh

Dilihat dari kemampuannya mengalirkan sinyal dari pusat energi, memang lebih jauh ketimbang kabel pengalir sinyal listrik yang biasa dipakai. Jangkauan jaraknya mencapai maksimal 100 kilometer lho! Bahkan tak perlu penguat sinyal pada jarak tertentu.

  1. Ukuran Lebih Kecil

Mungkin Anda tak percaya tapi ukuran kabel ini memang jauh lebih kecil dari kabel lain, kisarannya hanya 120 mikrometer. Jadi akan sangat menghemat tempat jika digunakan untuk instalasi internet, atau instalasi jaringan komunikasi di perkantoran.

Anda tak akan melihat lagi ada kabel yang terselip di bawah karpet, atau terpaksa digantung menggunakan tali hanya karena tak ada tempat penyimpanan yang tepat.

  1. Aman Dari Arus Pendek

Karena terbuat dari serat kaca yang tidak mengandalkan listrik, kabel fiber optik dinyatakan lebih aman digunakan. Tentunya juga aman dari gangguan elektromagnetik, yang selama ini jadi momok menakutkan bagi pekerja listrik saat harus memasang kabel.

  1. Pita Frekuensi Lebar

Dengan pita frekuensi atau sering disebut bandwidth yang lebar, membuat kabel ini mampu menghantarkan data dalam jumlah sangat besar dalam hitungan detik. Dari penelitian yang dilakukan ahli, kecepatan yang dimiliki kabel ini bisa mencapai Gigabyte per detik.

Bayangkan saja, Anda yang menikmati penggunaan kabel untuk jaringan internet, tak akan mengalami buffering saat berselancar di dunia maya.

  1. Murah dan Mudah diaplikasikan

Soal hargapun tergolong lebih murah kalau dibanding kabel biasa, jadi tak ada alasan bagi para pengusaha untuk menolak menggunakan kabel ini. Penggunaannya juga gampang, terutama saat instalasi. Anda bisa memakainya untuk kebutuhan di dalam bangunan, di dalam air, bahkan di bawah tanah sekalipun.

  1. Tahan Lama

Jika dihitung katanya kabel fiber optik ini bisa tahan hingga 30 tahun pemakaian, tanpa harus melakukan penggantian. Ini tentu akan berimbas pada penghematan biaya, apalagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Setelah mengetahui kelebihannya, Anda juga wajib tahu kekurangan dari kabel ini diantaranya:

  1. Pemasangan Di Bawah 45 Derajat

Karena dibuat dari serat kaca, maka dalam penggunaannya lekukan kabel tidak boleh melebihi 45 serajat. Sebab bisa mengakibatkan kebocoran kabel, yang berdampak pada tidak maksimalnya kabel mengirimkan data.

  1. Perlu Repeater

Kabel ini ternyata rentan terhadap perubahan gelombang cahaya, jika digunakan pad ajarak yang terlalu jauh. Makanya diperlukan pelindung atau repeater, agar perubahan tersebut tidak mengganggu kinerja kabel.

  1. Pemasangan Harus Oleh Ahli

Karena proses pemasangan cukup sulit, maka Anda harus menyerahkannya pada ahli kabel fiber optik. Terutama yang sudah kaham karakter dari kabel ini, jika tidak maka kemungkinan instalasi tidak berfungsi sangat besar.

Sekian saja hal-hal yang perlu Anda ketahui, tentang kelebihan dan kekurangan dari kabel berbahan utama serat kaca ini. Jadi sebelum menggunakannya untuk kebutuhan kantor atau bisnis, ada baiknya melakukan kalkukasi untung rugi. Agar saat sudah digunakan tidak menambah beban biaya perusahaan, tapi mampu memberikan kontribusi maksimal khususnya di bidang transfer data tingkat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *