Inilah Tahap Pengerjaan Floor Hardener yang Harus Dipahami

Saat ini ada banyak bahan yang digunakan sebagai floor hardener. Salah satu yang terkenal adalah floor hardener sika. Ini terdiri dari beberapa campuran, mulai dari pasir, grading sampai dengan semen.

Ada beberapa tahap pengaplikasian floor harder yang harus dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Beberapa tahapan tersebut akan dibahas lebih lanjut di sini. Akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut sebaiknya simak lebih dulu mengenai apa itu floor hardener.

Apa Itu Floor Hardener?

Selama ini istilah floor hardener mungkin asing di telinga banyak orang. Meskipun sebenarnya banyak digunakan di sekitar kita. Jadi yang dimaksud floor hardener adalah sebuah komposisi yang memiliki bentuk partikel. Ia memiliki ukuran serta spesifikasi tertentu yang nantinya digunakan sebagai bahan campuran dari semen maupun batu.

Tujuan dari kehadiran floor hardener ini adalah untuk memberikan kekerasan ekstra pada bagian lantai beton. Tentu saja ini tanpa mempengaruhi komposisi bahan kimia semen. Ada standar proporsi floor hardener yang harus dipenuhi untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Ada banyak jenis floor hardener, meski secara umum ada 3 jenis yang paling terkenal, yaitu floor hardener logam, non logam, sampai liquid hardener yang biasa digunakan pada tempat parkir mobil maupun perumahan. Ada juga floor hardener yang dilengkapi dengan pewarna seperti yang ada di sika floor hardener.

Tahap-tahap Durasi Pengerjaan Floor Hardener

Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi dalam pengerjaan floor hardener. Berikut adalah tahapan-tahapan yang dimiliki ketika akan mengaplikasikan floor hardener hal ini berlaku untuk semua merk floor hardener bahkan dapat digunakan untuk sika floor hardener nantinya.

1. Persiapan Lantai

Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lantai yang akan dilapisi floor hardener. Pertama siapkan plat beton lalu mulai lakukan pengecoran. Proses pengecoran dilakukan pasca analisa yang dilakukan dari kondisi lantai beton tersebut.

Dari hasil analisa tersebut komponen yang dibutuhkan diperoleh. Komponen yang pertama adalah terkait dengan jumlah takaran yang diperlukan hal ini berhubungan dengan luas lantai yang nantinya akan dilapisi dengan floor hardener. Selanjutnya adalah lama waktu pengaplikasian sampai dengan biaya yang harus dikeluarkan. Ini termasuk di dalam persiapan lantai.

2. Meratakan Beton

Setelah persiapan lantai sudah dilakukan maka mulai masuk ke tahap perataan lantai beton. Biasanya pada tahap ini digunakan besi lurus yang membuat lantai beton menjadi lebih rata. Kemudian tunggu hingga beton menjadi agak kering.

Jika beton sudah agak mengering maka floor hardener sudah siap ditaburkan. Namun, harus diingat jika jumlahnya disesuaikan dengan analisa yang telah dilakukan sebelumnya. Faktor-faktor penentu jumlah floor hardener yang diperlukan antara lain adalah luas lantai serta fungsi dari lantai tersebut untuk ke depannya.

3. Proses Penghalusan

Jika proses perataan dan penaburan floor hardener sudah dilakukan kemudian masuk ke fase penghalusan. Di fase inilah nantinya lantai yang telah ditaburi floor hardener dihaluskan dengan menggunakan bantuan trowel. Lama dari proses penghalusan tergantung dari kondisi lantai. Untuk hasilnya pun bergantung dengan proses pengerjaan. Apabila proses berjalan dengan baik maka hasil yang diperoleh pun akan baik dan sesuai. Untuk masalah merk tidak terlalu mempengaruhi hasil penghalusan lantai.

Itulah ketiga langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan floor hardener. Perlu diketahui jika sebelum menerapkan floor hardener harus dilakukan analisa terhadap kebutuhan dari lantai tersebut. Jangan sampai nantinya justru tidak memiliki hasil maksimal karena kesalahan analisa kebutuhan.

Di sisi lain juga harus dipahami jika ada banyak jenis dan merk floor hardener. Salah satu yang cukup terkenal adalah floor hardener sika. Namun pemilihan floor hardener sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *