Ini Dia Rahasia Kamar Mandi Bersih Dari Lumut

Kamar mandi menjadi salah satu ruang di dalam rumah yang paling bermasalah, apalagi jika lantai dan dinding yang dibangun tidak memenuhi standar, maka air akan mudah sekali merusak semen di bawah keramik serta merusak cat hingga menyebabkan muncul lumut. Jika dibiarkan saja maka akan sangat mengganggu kenyamanan penghuni dan tamu rumah. Salah satu cara untuk mengatasi lumut ialah dengan menggunakan jasa epoxy lantai, dengan melakukan epoxy lantai maka lantai dan dinding kamar mandi akan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan menggunakan epoxy lantai kamu tidak perlu membongkar lantai dan menghabiskan banyak uang. Tenang saja epoxy tidak akan merusak struktur inti dari lantai, bahkan sebaliknya mampu memperbaiki lantai yang rusak. Dengan menambahkan cat epoxy maka struktur lantai akan dua kali lebih kuat dan tidak mudah untuk rusak, dengan begitu kamu lebih bisa menghemat anggaran.

Rahasia Membersihkan Lumut di Kamar Mandi

Membersihkan Lumut di Kamar Mandi

Selain melakukan epoxy floor, kamu juga bisa melakukan beberapa cara alami berikut ini untuk membersihkan kamar mandi dari lumut :

1. Gunakan garam dapur

Pembuatan kamar mandi yang tidak tepat akan menyebabkan lumut tumbuh dengan bebasnya di kamar mandi, hal ini juga didukung dengan tingkat lembabnya kamar mandi. Seringnya lumut tumbuh di tempat-tempat yang sering terkena air, jika dibiarkan terus menerus maka akan sangat mengganggu kenyamanan, karena lumut sangat licin, membuat kotor dan pemandangan menjadi tidak sedap. Untuk mengatasi lumut kamu bisa menggunakan produk alami, salah satunya garam. Caranya larutkan 3 sendok garam ke dalam dua liter air, silahkan rebus larutan tersebut hingga mendidih, saat panas silahkan siram pada bagian kamar mandi yang terkena lumut, keroklah dan sikat menggunakan alat yang ada, jika lumut tersebut sudah terkelupas maka siram lagi menggunakan larutan garam yang panas tadi.

2. Cuka

Ternyata cuka memiliki manfaat yang cukup banyak, salah satunya bisa kamu gunakan untuk membersihkan lumut yang ada di kamar mandi. Untuk lumut yang banyak dan membandel kamu bisa langsung memercikkannya, namun segera gosok dan siram karena cuka cukup keras dan mampu merusak permukaan lantai. Dan jika lumut yang akan dibersihkan terbilang sedikit sebaiknya campurkan cuka dengan air lalu siramkan ke permukaan lantai yang ada lumutnya.

3. Baking Soda

Baking soda memiliki fungsi yang sama dengan cuka, bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi dengan cara dituangkan ke bagian lantai yang terdapat lumut, kamu juga bisa mencampurkannya dengan air kemudian siram biarkan saja hingga semalaman, besoknya gosok sampai bersih dan terkelupas.

4. Batu bata merah

Cara paling instan untuk menghilangkan lumut adalah dengan sewa jasa epoxy lantai, namun kamu juga bisa menghilangkannya dengan menggunakan bata merah. Aplikasikan bata merah pada lantai kamar mandi yang kering, yang menggunakan semen atau plester. Namun untuk permukaan basah batu merah kurang efektif untuk bekerja.

5. Air kapur

Air kapur atau yang sering disebut dengan gamping juga berfungsi untuk menghilangkan lumut yang membandel, buatlah cairan air kapur secukupnya dan siramkan pada lumut yang menempel. Silahkan diamkan selama 8 jam atau satu malam penuh dan besoknya gosok dan bilas hingga bersih.

Dengan melakukan 5 cara di atas maka kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk menghilangkan lumut dari kamar mandi, namun untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa melakukan epoxy floor, hasilnya lebih memuaskan dan lumut tidak akan muncul di dalam kamar mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *