Ingin Cegah Serat Karpet Agar Tidak Rusak? Ini Dia Tipsnya!

Karpet merupakan salah satu perlengkapan interior yang memiliki peran penting dalam suatu hunian. Tidak hanya berfungsi sebagai pelapis lantai, namun kehadirannya sangat penting guna menjadikan suatu ruangan terasa semakin nyaman dan terlihat mempesona. Semakin berkembangnya zaman, jenis dan bahan karpet pun semakin beragam. Ada karpet tile, karpet wol, karpet sutra, karpet vinyl dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari beragam jenis yang ada di pasaran, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang begitu khas.

Dari sekian banyak jenis karpet, salah satu jenis yang paling populer adalah karpet tile, karpet jenis ini biasanya sering digunakan pada ruangan kerja di area perkantoran, masjid, studio musik, atau ada juga yang menggunakannya diruangan kamar tidur. Seratnya yang lembut dan padat mampu menjadi daya tarik yang khas bagi banyak orang yang menggunakannya. Dengan tingkat kepadatan serat yang baik, ruangan pun terasa lebih tenang dan nyaman untuk ditempati.

Berbicara tentang penggunaan karpet yang sangat menguntungkan, ternyata tidak semua orang paham tentang tata cara merawat karpet. Pada akhirnya serat karpet akan rusak dan menjadi tidak layak lagi untuk digunakan. Seringkali seratnya menjadi tidak beraturan hingga membuat teksturnya menjadi sangat kasar. Jika hal itu terjadi, maka akan menjadi sulit untuk mengembalikan serat karpet supaya kembali berkualitas seperti semula. Nah, sebelum terjadi kerusakan pada serat karpet, maka sebaiknya Anda harus melakukan pencegahan. Dan ini dia tipsnya!

Tips Mencegah Serat Karpet Agar Terhindar dari Kerusakan

1. Bersihkan Menggunakan Alat Penyedot Debu

Saat membersihkan karpet, Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarang alat. Sebaiknya gunakan alat penyedot debu seperti vacuum cleaner. Hal ini sangat penting, agar tidak merusak serat karpet. Seperti misalnya jenis karpet tile, meskipun memiliki serat yang padat namun jangan pernah sekalipun Anda membersihkannya menggunakan sikat ataupun sapu dengan bulu yang tajam. Hal itu akan sangat berdampak buruk hingga membuat serat karpet menjadi kasar dan terlepas dari polanya.

2. Cuci dan Jemur Karpet Secara Rutin

Cuci dan Jemur Karpet Secara Rutin

Selain membersihkannya menggunakan alat penyedot debu, mencegah supaya serat karpet tidak rusak juga dapat dilakukan dengan cara mencuci dan menjemurnya secara rutin. Dalam beberapa keadaan, seseorang pasti dengan tidak sengaja akan mengotori karpet yang membuat noda serta kotoran menempel kuat pada serat. Jika dibiarkan, noda dan kotoran pada akhirnya akan menempel sangat kuat pada serat secara permanen. Dengan memastikan serat karpet selalu berada dalam kondisi bersih, maka dijamin kerusakan pun tidak akan pernah terjadi.

Untuk mencucinya, sebisa mungkin gunakanlah sikat yang bertekstur halus dan lembut. Dengan begitu, serat karpet tidak akan terlepas dan menjadi rusak. Kini bahkan sudah tersedia alat khusus untuk mencuci karpet yang terbukti aman digunakan untuk seratnya.

3. Hindari dari Api dan Benda Bertekstur Kasar

Serat karpet terbuat dari bahan-bahan yang sangat rentan terhadap kerusakan apabila terkena panas api dan gesekan benda-benda yang bertekstur kasar. Untuk mencegahnya agar tidak rusak, maka hindari setiap peralatan yang beresiko akan membuat serat menjadi tergores dan terbakar. Jika serat karpet sampai terbakar maka karpet pun akan meleleh dan tidak bisa lagi digunakan.

4. Letakan di Tempat yang Tepat

Kehadiran karpet memang sangat diperlukan dalam setiap ruangan. Namun guna menjaga kualitas serat karpet, tidak semua tempat cocok untuk dipasangi karpet. Sebisa mungkin, letakan karpet di tempat yang tepat yang sudah semestinya. Dan pastikan bahwa jenis yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan. Seperti misalnya karpet tile, karpet ini termasuk salah satu jenis yang fleksibel dan cocok untuk diletakan di tempat mana pun.

Namun tetap saja, karpet ini dirasa kurang tepat jika diletakan di tempat bermain anak-anak. Mereka biasanya akan melakukan beragam aktivitas yang bisa mengotori dan merusak serat karpet jenis tile dengan alat-alat mainnya. Khusus untuk ruang bermain Anak, maka Anda bisa menggunakan karpet jenis vinyl dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *