Cara Tepat Merawat Vinyl Lantai

Pada dasarnya, cara merawat vinyl lantai tidak berbeda dengan perawatan lantai kayu dan lantai keramik biasa. Hanya saja pada lantai vinyl tidak disarankan menggunakan banyak air setiap kali membersihkannya karena hal seperti ini dapat menurunkan daya tahan dan umur vinyl.

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam lantai vinyl yang dijual di pasaran. Namun, jenid yang paling banyak diminati adalah vinyl lantai roll karena harganya yang cukup terjangkau. Vinyl tersebut merupakan jenis vinyl gulungan yang bentuknya mirip seperti karpet. Sebenarnya sama saja dengan karpet, yang berbeda hanyalah material pembentuknya. Pada umumnya karpet terbuat dari nylon dan cotton, sedangkan vinyl gulungan berbahan dasar PVC (Polivinyl Chloride). Dengan pemakaian normal, jenis vinyl seperti ini mampu bertahan sampai lebih dari 10 tahun. Meskipun begitu, diperlukan perawatan yang baik supaya lantai vinyl gulungan bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Vinyl Lantai

Cara Merawat Vinyl Lantai

1. Membersihkan Noda Membandel

Bila Anda menemukan kotoran yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sapu dan kain pel. Bersihkanlah noda tersebut dengan menyemprotkan cairan MPC atau cairan pembersih lainnya. Setelah itu, gosok noda menggunakan spons secara lembut sampai menghilang dan keringkan menggunakan lap kering. Untuk menghindari timbulnya noda membandel, segera bersihkan vinyl lantai dari kotoran seperti tumpahan teh, sirup, atau kopi. Jangan biarkan noda seperti itu mengering dan meresap ke dalam pori – pori vinyl.

2. Perawatan Harian

Sebenarnya tak ada cara khusus yang harus dilakukan setiap harinya untuk merawat vinyl lantai roll. Namun, untuk tetap menjaga kebersihannya supaya terhindar dari noda membandel, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang memiliki selang dengan bulu lembut untuk menghilangkan debu – debu yang menempel di permukaan vinyl. Cara yang lebih sederhana juga dapat dilakukan setiap harinya dengan menyapunya menggunakan sapu berbahan dasar nylon lembut supaya tidak menimbulkan goresan pada vinyl.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan benda – benda dan furnitur yang diletakan di atas permukaan vinyl. Jangan terlalu sering menggeser benda dengan bobot yang cukup berat supaya lantai vinyl tidak cepat mengerut, robek, bahkan rusak permanen. Namun jika keadaan mengharuskan Anda untuk menggeser benda seperti itu, gunakanlah alas papan supaya benda tersebut tidak menekan vinyl secara langsung.

3. Perawatan Mingguan

Selain membersihkannya setiap hari, Anda juga perlu mengepel vinyl lantai roll menggunakan cairan khusus pembersih vinyl yang banyak dijual di pasaran dan gunakanlah kain mop. Setelah mengepelnya menggunakan cairan pembersih tersebut, lakukan pengepelan lagi dengan lap yang berbeda dan menggunakan air bersih. Lantai vinyl yang telah dipel sebaiknya langsung dikeringkan dengan lap kering atau mengandalkan bantuan kipas angin. Jangan biarkan air pelan meresap ke dalam pori – pori vinyl karena hal ini bisa menurunkan daya tahan vinyl. Lakukanlah perawatan seperti ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

4. Perawatan Ekstra

Berbeda dengan beberapa cara sebelumnya, perawatan kali ini agak membutuhkan waktu yang cukup lama karena Anda harus memperbaiki vinyl yang mulai mengelupas. Namun hal seperti ini biasanya hanya terjadi jika vinyl telah lama dipakai dan memiliki usia yang sudah cukup tua. Maka, Anda perlu melakukan perawatan ekstra dengan merekatkan kembali vinyl tersebut menggunakan lem yang sama digunakan ketika memasang vinyl. Jika Anda berhasil memperbaikinya dengan rapih, maka lantai vinyl akan terlihat seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *