Jangan Salah Pilih, Ini 4 Bahan yang Tepat untuk Pintu Kamar Mandi

Kamar mandi adalah ruangan yang wajib ada pada sebuah hunian. Ditambah lagi ruangan ini selalu lembab dan material yang digunakan untuk membuatnya harus dipilih dengan baik. Jadi tidak heran jika dinding kamar mandi selalu dilapisi dengan keramik. Selain dinding, pintu UPVC kamar mandi juga sering dipilih. Sayangnya masih banyak yang belum mengenal aneka ragam bahan yang sering digunakan untuk pintu kamar mandi.

Padahal, salah memilih pintu akan membuat Anda boros karena harus mengganti pintu setiap beberapa bulan sekali. Contohnya saja Anda menggunakan pintu terbuat dari triplek atau multiplek. Kira-kira berapa lama pintu tersebut akan bertahan jika kamar mandi digunakan setiap hari? Tentunya hanya dalam waktu beberapa minggu saja pintu akan cepat rusak.

Air yang mengenai pintu triplek akan menimbulkan jamur dan menyebabkan keropos. Dibandingkan dengan material triplek, pintu UPVC kamar mandi bisa bertahan lebih lama.

Jenis-Jenis Material Pintu Kamar Mandi

Bahan untuk Pintu Kamar Mandi

Apakah material pintu untuk kamar mandi yang awet hanya UPVC saja? Tentu saja tidak. Kebutuhan pintu yang kuat dari air banyak dicari, oleh karena itu banyak pabrik yang memproduksi pintu dengan bahan yang sangat kuat. Para pemilik rumah tidak perlu lagi harus rutin mengganti pintunya karena rusak oleh jamur.

Nah, apa saja material yang pintu kamar mandi yang sebaiknya dipilih? Berikut ini macam-macamnya:

  • UPVC

Bahan untuk Pintu Kamar Mandi

Mengapa UPVC begitu kuat untuk kamar mandi? Material ini terbuat dari turunan plastik, sehingga kandungan plastiknya sudah diminimalisir. Sifat dari UPVC adalah lentur karena efek dari bahan dasarnya yaitu Polyvinyl Chloride. Ketahanan UPVC terhadap air pun tidak diragukan lagi, karenanya tidak akan ada jamur yang tumbuh dan merusak. Disamping itu, material ini memiliki kerangka besi di dalamnya ketika digunakan sebagai pintu, kusen, hingga jendela. Kerangka inilah yang membuat pintu UPVC kamar mandi lebih kuat dan tahan lama.

  • Aluminium

Bahan untuk Pintu Kamar Mandi

Selain UPVC, Anda juga bisa menggunakan pintu aluminium. Aluminium terbuat dari bijih bauksit yang diolah menjadi logam aluminium. Karena bahan dasarnya inilah yang memuat aluminium lebih tahan air dan tidak akan menimbulkan korosi. Sangat berbeda dengan material besi lainnya yang mudah timbul karat karena terkena air. Selain itu juga pintu aluminium juga lebih ringan sehingga mudah untuk digunakan. Anda jangan khawatir soal desain karena banyak sekali desain menari dari pintu jenis ini.

  • Kaca

Bahan untuk Pintu Kamar Mandi

Jenis bahan yang ketiga adalah kaca. Pintu yang terbuat dari kaca akan meningkatkan tampilan kamar mandi menjadi lebih mewah. Selain itu tidak diragukan lagi bahwa kaca tidak mungkin untuk berjamur, berkarat atau rusak dimakan oleh rayap. Hanya saja Anda harus rajin membersihkannya. Biasanya tampilan kaca akan mulai menurun karena jarang dibersihkan dari air yang menempel sehingga menimbulkan noda. Cara membersihkannya pun mudah, Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca.

Vinyl

Bahan untuk Pintu Kamar Mandi

Anda mungkin merasa aneh dengan material ini. Material tersebut dikenal dengan sebutan PVC atau Polyvinyl Chloride yang sering digunakan sebelum pintu UPVC kamar mandi. Terbuat dari plastik sintetis yang juga tahan air dan jamur bahkan tidak berkarat. Perawatannya pun sangat mudah cukup di lap sama seperti ketika membersihkan kaca. Ada banyak varian model dan juga warna yang bisa dipilih. Hanya saja satu kekurangannya adalah tidak ramah lingkungan karena kandungan plastik yang tinggi sehingga tidak bisa didaur ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *