Aplikasikan Waterproofing Membran Bakar Pada Atap Dengan Benar!

Mungkin memberikan lapisan waterproofing sepertinya hanya untuk gedung tinggi saja. Padahal hunian rumahan juga bisa juga pakai lapisan kedap air ini. Terutama bila atap rumah anda berbentuk datar dan bukan bentuk landai biasa yang pasti jatuhnya air hujan pada talang air. Ada banyak cara untuk melakukan waterproofing salah satunya adalah dengan cara dibakar.

Cara Waterproofing Membran Bakar Yang Benar

Waterproofing Membran Bakar

Metode memberi lapisan permukaan dak beton dengan pakai lembaran membran yang kemudian dibakar adalah cara waterproofing yang beri lapisan anti air pada bagian beton. Harga waterproofing membran ini seringkali sudah dengan biaya pemasangan, jadi pasti jadi lebih hemat untuk penggunanya. Berikut adalah cara aplikasi membran bakar yang benar agar terpasang dengan baik dan tidak mengalami kebocoran.

1. Mempersiapkan Area Yang Akan Dilapisi

Pengaplikasian waterproofing bakar diawali dengan menetapkan area yang akan dilapisi. Luas area dan jumlah membran harus diperhitungkan sehingga tidak ada kekurangan atau kelebihan yang jadi pemborosan yang sia-sia. Setelahnya, bersihkan area yang akan diberi coating agar bebas dari batu tajam dan krikil yang bisa merobek lapisan membran yang akan melapisi.

2. Persiapan Alat Bakar Untuk melakukan Waterproofing

Persiapan melakukan proses waterproofing tidak bisa diangggap sepele. Karena persiapan yang matang akan mempercepat pemasangan dan kalau belum siap akan buat proses jadi makin lama. Pastikan ada toarch untuk membakar membran, lengkap dengan kabel panjang dan juga stop contactnya. Lapisan membran disiapkan juga. Material pelapis beton ini berbentuk lembaran dan dapat jadi material handal untuk buat lapisan anti air. Pastikan kala membeli kalau harga waterproofing membrane bakar sudah sekaligus dengan pemasangan agar tidak ada masalah karena ditangani oleh ahlinya.

3. Berikan Lapisan Primer

Sebelum melakukan pembakaran membran, terlebih dahulu lapisi area yang akan diberikan waterproofing dengan primer coating.khusus untuk volume membran. Terlebih lagi coating primer yang akan dilapiskan harus sesuai dengan volume bidang yang direncanakan untuk di waterproofing, jadi pastikan hitungan pas dan sesuai. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan pengerjaannya dilakukan oleh orang yang benar-benar paham.

4. Proses Pembakaran 

Setelah lapisan primer sebagai coating awal sudah diterapkan, kini saatnya untuk melakukan pembakaran. Letakkan lembaran membran pada bidang yang akan dikerjakan namun jangan hamparkan semua. Buka lembaran dan bakar sedikit demi sedikit sehingga Anda mudah melakukan pembakarannya tanpa mengangu area yang sudah dilapisi dan dibakar. Sebaiknya berikan jarak sekitar 50cm agar aman dan pembakaran tidak terlalu panas atau terlalu hangat. Lakukan sampai semua bagian tertutup rapat dan tidak ada area yang dilupakan,

5. Proses Pemeriksaan

Setelah selesai melakukan proses waterproofing membran bakar maka tinggal memeriksa apakah hasilnya sudah baik. Biarkan selama satu hari dengan menggenangkan air pada permukaan atap yang sudah dilapisi oleh membran yang dibakar. Bila tidak ada kebocoran berarti hasil waterproofingnya sudah bagus. Namun,bila ada kebocoran, berarti ada lapisan yang kurang rapat dan harus segera diperbaiki.

Waterproofing untuk area atap sangat penting terutama saat musim hujan akan datang. Menjaga struktur bangunan dari bahaya rembesan air bisa mencegah adanya kerusakan lainnya dari bagian lain dari bangunan. Tentu, menggunakan jasa waterproofing yang profesional akan dapat mempersingkat waktu pemasangan dan juga keberhasilan aplikasinya. Lakukan pelapisan yang benar dengan tenaga ahli untuk hasil optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *