Anti Ribet! 7 Langkah Mudah Memasang Batu Marmer

Pemasangan Batu Marmer yang Baik dan Benar

Pemasangan batu marmer memang membutuhkan keahlian khusus. Jika dibandingkan dengan material yang lain, sebenarnya pemasangan material marmer ini lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, jika dilakukan oleh orang yang profesional dan berpengalaman maka proses pemasangan marmer ini bisa berjalan dengan mudah dan cepat.

Marmer menjadi salah satu jenis material yang digemari saat ini. Dari segi tampilan fisiknya saja bisa kita lihat kalau marmer merupakan material yang sangat menarik. Jika Anda menginginkan rumah yang mewah dan elegan, Anda bisa mendapatkannya dengan menambahkan material marmer di bagian rumah Anda. Penggunaan marmer akan memberi kesan mewah di setiap ruangan pada rumah Anda.

Sebagian besar orang menggunakan material marmer lantai namun sekarang banyak juga yang memakai marmer pada bagian dinding. Bahkan banyak orang yang membuat aneka jenis perabot dari material marmer. Sebut saja seperti meja, kitchen set, dudukan wastafel, anak tangga, dan lain sebagainya.

 

Memasang Marmer

Jika Anda tertarik untuk menggunakan material marmer, maka sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara pemasangan marmer yang tepat. Berikut adalah 7 langkah mudah untuk memasang batu marmer di rumah Anda :

1. Pembersihan Lantai

Tahap pertama yang harus Anda lalui adalah tahap persiapan. Anda harus membersihkan lantai terlebih dahulu. Pastikan lantai dalam kondisi bersih agar proses pemasangan bisa lebih mudah dilakukan. Selain memastikan lantai dalam kondisi bersih, Anda juga harus memastikan lantai dalam kondisi kering dan rata.

 

2. Periksa Kualitas Marmer

Sebelum melakukan pemasangan marmer, periksa dulu bagaimana kualitas tiap keping marmer yang akan dipasang. Pastikan marmer tidak retak sehingga bisa dipasang dengan mudah dan hasilnya sempurna. Jika marmer retak, segera kembalikan pada tempat jual marmer yang bersangkutan.

 

3. Buat Desain Pola Pemasangan

Buat rencana desain pola pemasangan marmer di atas kertas sebelum Anda tuangkan di atas lantai. Pembuatan pola di kertas akan mempermudah Anda memasang marmer dengan sempurna di lantai nantinya.

 

4. Gambar Pola di Lantai

Setelah selesai membuat pola di atas kertas, tuangkan pola tersebut di atas lantai yang akan dipasangi marmer. Agar pola bisa sesuai, sebaiknya Anda membuat pola dengan skala dan perhitungan yang benar. Kemudian, ambil titik tengah pola untuk mempermudah Anda menggambarkan pola dengan tepat.

 

5. Siapkan Plester Perekat

Jika pola sudah siap, Anda bisa segera melapisi bagian lantai dengan plester perekat. Setiap tipe marmer membutuhkan tipe plester perekat yang berbeda-beda, sehingga pastikan Anda menggunakan perekat yang sesuai dengan jenis marmer yang digunakan. Selain itu, pastikan plester perekat dalam kondisi yang rata supaya pemasangan marmer lebih mudah dilakukan.

 

6. Pasang Marmer

Jika plester perekat sudah siap, maka Anda bisa langsung melakukan pemasangan marmer. Marmer yang Anda punya harus dipasang tidak lebih dari sepuluh menit setelah plester perekat dipasang agar marmer bisa merekat sempurna.

 

7. Buat Pemisah marmer

Jika marmer berupa kepingan, buatlah pemisah marmer. Berikan celah pada setiap keping marmer kemudian isi bagian pemisah tersebut dengan memakai nat. Setelah nat ditambahkan ke celah marmer, tunggu sampai kering lalu bersihkan agar tampilan marmer lebih rapi.

 

Proses pemasangan batu marmer sebenarnya dipengaruhi oleh tipe dan bentuk marmer yang Anda gunakan. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan jasa pemasangan marmer dan jasa poles marmer yang profesional. Dengan proses pemasangan dan finishing yang tepat, marmer akan terpasang dengan rapi dan menghasilkan penampilan yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *